MIS

Disini saya akan memberitahukan sedikit gambaran mengenai tugas-tugas yang saya dapat pada kelas mata kuliah Sistem Informasi di Teknik Industri Universitas Indonesia

1. Mencari dan menterjemahkan jurnal (Impact of management information systems (MIS) on school administration: What the literature says)

Penggunaan teknologi informasi dalam manajemen pendidikan telah meningkat secara cepat berkat efisiensi dan efektifitasnya. Dalam fase-fase awal perkembangannya, tujuan dan penggunaan utama Sistem Manajemen Informasi (Management Information Systems/MIS) adalah untuk meningkatkan efisiensi dari kegiatan tata usaha sekolah. Sistem ini digunakan untuk menampung data pelajar dan karyawan. Tujuan utamanya lebih terfokus pada pemasukan dan pemeriksaan data daripada transfer data ataupun analisis. Nilai lebih daripada manajemen informasi diketahui pada fase integrasi. Evaluasi umum dari literatur melihat dampak positif MIS dalam administrasi sekolah dan manajemen termasuk kemudahan mengakses informasi, efisiensi administrasi, peningkatan penggunaan sumber daya, pengurangan beban kerja, manajemen waktu yang lebih baik, dan peningkatan kualitas laporan. Sejumlah hambatan dalam penggunaan MIS terbukti dalam literatur, di antaranya adalah kurangnya waktu, kepercayaan diri atau kemampuan, pelatihan, dukungan manajemen senior, dan dukungan teknis. MIS dapat memberikan administrator danguru dengan informasi yang dibutuhkan untuk perencanaan, pembuatan kebijakan, dan evaluasi. MIS telah mengubah manajemen sekolah dalam kepemimpinan, pembuatan keputusan, beban kerja, manajemen sumber daya manusia, komunikasi, tanggung jawab, dan perencanaan. Sistem-sistem ini dapat membantu manajer sekolah untuk menentukan target sekolah, membuat rencana strategis, mengatur sumber daya, dan mengevaluasi performa kerja staff serta keberhasilan organisasi.

2. Mencari, mentranslate, dan membuat mindmap dari jurnal (Criteria for the selection of ERP software” dengan format)

Pemilihan software merupakan topic yang bersangkutan dengan proses, metode, dan tools yang digunakan oleh suatu organisasi dengan maksud untuk menentukan software mana yang akan digunakan dari sekian banyak solusi yang ada di pasar. Pemilihannya harus diambil dengan sangat hati-hati, karena software memiliki dampak penting untuk jangka waktu yang menengah maupun yang panjang. Dampak ini berkorelasi ke biaya operasi dan purchasing, dan cara dari software itu sendiri juga membantu perusahaan untuk membuat keuntungan kompetitif.

Software ERP adalah istilah generic untuk Enterprise Resource Planning Software. ERP mencakup berbagai kegiatan untuk meningkatkan efisiensi bisnis di sejumlah departemen dalam suatu organisasi atau perusahaan. Departemen-departemen ini bisa saja terdapat manufacturing, sales, marketing, puschasing, production planning, inventory control, pengiriman dan distribusi serta maintenance melalui CMMS.

ERP software merupakan software yang paling sulit untuk digunakan. Software ini memakan porsi yang signifikan dari budget perusahaan.

Level resikonya sangat tinggi untuk akuisisi tersebut cukup jelas, salah keputusan saja bisa berpengaruh pada seluruh organisasi, pada beberapa area yang berbeda dan dalam level yang berbeda. Karena itu, pemilihan kriteria yang sesuai berperan penting dalam akuisisi dari software ERP.

3. Mencari, menerjemahkan, membuat PPT, dan membuat mindmap dari jurnal (Research on e-commerce logistics system informationization in chain)

E-commerce merupakan pendorong penting dalam dunia pengembangan ekonomi. Munculnya logistic modern dalam lingkungan e-commerce, membuat pengembangan dari ICT, jaringan, industry logistic di Cina mulai dengan terlambat, tidak cukup modern, membatasi pengembangan dari logistic e-commerce di China. Artikel ini meneliti berdasarkan studi dari dalam dan luar negeri dari logistic e-commerce, analisa karakteristiknya dan mode dari logistic e-commerce, digabung dengan situasi saat ini dan masalah yang ada dari logistic e-commerce di China, dimana yang diusulkan pada pengembangan dari ICT system logistic e-commerce di china adalah integrase dari Logistik dan Purchasing.

4. Mencari, menerjemahkan, membuat PPT, dan membuat mindmap dari jurnal (Business Process Reengineering in Motorcycle Workshop X for Business Sustainability dalam bentuk)

Perusahaan X adalah perusahaan skala kecil yang berfokus pada aktivitas bisnisnya dalam usaha bengkel motor yang menjual suku cadang motor dan menyediakan servis untuk motor. Perusahaan ini menghadapi kompetisi sengit yang mendorong perusahaan untuk menunjukkan data internalnya dimana disitu menolak tren penjualan suku cadang business-to-business untuk 10 tahun terakhir. Khawatir kalau menolak tren akan berlanjut dan mengancam keberlangsungan perusahaan, perusahaan X membuat rekayasa ulang proses bisnisuntuk memperkuat keunggulan kompetitifnya. Proses rekayasa ulang bisnis mengubah proses bisnis pada proses penjualan suku cadang, pergudangan, dan perencanaan inventori business-to-business. Rata-rata waktu pelayanan pelanggan sebelum menerapkan rekayasa ulang proses bisnis adalah sekitar 30 menit, setelah proses rekayasa ulang waktu mengurangi kurang dari 15 menit. Ketersediaan produk juga meningkat dari 70% menjadi 90%. Peningkatan kinerja dalam proses penjualan, dikombinasikan dengan peningkatan ketersediaan produk dapat meningkatkan kualitas layanan sehingga perusahaan dapat merebut pangsa pasar yang telah hilang dan mempertahankan kelangsungan usahanya.

5. Membuat BPM dari kegiatan yang saya lakukan dari mulai bangun tidur hingga masuk ke kelas MIS.

6. Menerjemahkan bab 2 yang berjudul Information System and Competitive advantage.

7. Membuat BPM mengenai Pengajuan Penandatanganan Kontrak sebelum dan sesudah diberi improvement pada sistemnya.

8. Mencari, menerjemahkan, membuat PPT, dan membuat mindmap dari jurnal (Research of Oracle Bone Inscriptions Ontology Construction Based on Relational Database)

Berdasarkan dari tingkat kesulitan Oracle Bone Inscriptions (OBI) knowledge sharing, sebuah scenario dari OBI konstruksi ontology diusulkan. Karena kerja keras dari pembangunan ontology, perubahan metode dari database OBI yang sudah ada menjadi ontology sedang didiskusikan. Pertama, menganalisa kesamaan antara model entity-relationship dan model RDF. Kedua, memperkenalkan perubahan dari ide dan proses. Terakhir, mengimplementasikan OBI ontology dengan menggunakan metode perubahan. Ini merupakan metode semi-automatic karena ini membutuhkan intervensi manual selama proses dari transformasinya. Hasilnya menunjukkan bahwa metode bisa sangat mengurangi beban dari ontology penelitinya.

9. Database Asrama

Membuat database dari asrama UI dan membuat pertanyaan-pertanyaan yang selanjutnya akan dijawab dalam database

10. Database

Disini saya memilih untuk membuat database dari perusahaan TIKI. Saya membuatnya dengan aplikasi Microsoft Access. Saya membuat database dengan 300 nama pelanggan dan beberapa nama karyawan. Saya diharuskan juga untuk membuat 200 pertanyaan yang selanjutnya akan dijawab dalam query pada database yang telah saya buat sebelumnya.

6 pemikiran pada “MIS

Tinggalkan komentar